Sunday, October 11, 2009

Penerapan Sistem ABC (Pembiayaan Berbasis Aktivitas) Pada sebuah Sistem Perawatan Kesehatan Swasta di Peru.

I. Pendahuluan

Pembiayaan yang berbasis aktivitas (ABC) merupakan sebuah pendekatan dinamis untuk menentukan biaya-biaya dengan menetapkan biaya-biaya tersebut terhadap aktivitas-aktivitas mendasar yang dilakukan dalam sebuah organisasi. Meski telah luas diterapkan dalam berbagai industri barang, namun sistem ABC ini bukanlah sebuah sistem yang benar-benar baru dalam bidang perawatan kesehatan. Banyak rumah sakit dan organisasi-organisasi di Amerika Serikat yang telah menggunakan sistem ABC untuk meningkatkan manajemen sumberdayanya (Player 1998; Canby 1995; Dowless 1997). Beberapa analisis pelayanan kesehatan di negara-negara berkembang juga telah menggunakan komponen-komponen sistem ABC (Levin dkk., 1999). Akan tetapi, bahkan di Amerika Serikat, sistem ABC bisa memerlukan waktu yang banyak dan cukup kompleks, dengan biaya yang berpotensi melebihi manfaat yang diperoleh (Chan 1993).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kelayakan dan manfaat penggunaan ABC oleh sebuah penyedia perawatan-kesehatan di sebuah negara berkembang. Yang menjadi responden adalah para manajer di Institut Perawatan Kesehatan Berkualitas Tinggi MaxSalud, sebuah organisasi swasta dan nirlaba di Chiclayo, Peru. MaxSalud didirikan pada tahun 1994 dibawah Proyek Institusi Kesehatan Penguat/Komponen Utara, yang didanai oleh Perwakilan Amerika Serikat untuk pembangunan Internasional, agar dapat memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas tinggi dan terjangkau. Organisasi ini terletak di sebuah provinsi pesisir di bagian utara dengan jumlah penduduk sekitar 730.000 jiwa. Saat penelitian dilakukan, MaxSalud terdiri dari: (a) sebuah unit pendukung manajemen (MSU), yang memberika bantuan teknis dan wawasan kepada dua laboratorium medis sistem klinik dan rumah tangga; (b) sebuah klinik kesehatan di Balta; dan (c) sebuah klinik kesehatan di Urrunaga. Sistem ini telah menambah dua klinik dalam jaringan. Klinik Balta, yang terletak di sebuah area komersial yang sibuk di kota Chiclayo, melayani sebuah komunitas yang terdiri dari sekitar 12.500 penduduk. Klinik Urrunaga melayani penduduk berpendapatan rendah sekitar 7.500 dan terletak di sebuah daerah peri-urban, komunitas pinggiran; klinik ini hanya terbuka setengah hari setiap harinya. Pelayanan Urrunaga cukup mirip dengan pelayanan di Balta, kecuali bahwa Urrunaga hanya menawarkan pelayanan darurat terbatas dan tidak menawarkan pelayanan anak dan gynekologi sama sekali. Akan tetapi, Urrunaga mencakup lebih banyak komunitas dibanding . . . . (Download Teks Lengkap (PDF) | Jangan lupa masukkan Verification Code sebelum "Download")

No comments:

Post a Comment

Hubungan Indonesia-Australia di Era Kevin Rudd

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang     Pada tanggal 3 Desember 2007, pemimpin Partai Buruh, Kevin Rudd, dilantik sebagai Perdana Menter...