Monday, January 11, 2010

Teori-Teori Tentang Komunikasi Organisasi

Kajian tentang komunikasi organisasi sangat interdisipliner, baik pada dasarnya maupun pada sumber-sumber yang diambil dari penelitian-penelitian terbaru. Hubungan-hubungan bisa dibuat dengan bidang-bidang seperti manajemen, sosiologi, dan psikologi industri sosial, serta sub-sub disiplin lain dalam komunikasi. Akibatnya teori yang akan kita bahas dalam bab ini juga memiliki hubungan dengan disiplin-disiplin lain, walaupun semuanya telah banyak dikembangkan oleh para sarjana dalam bidang komunikasi.

Keempat teori yang akan kita bahas dalam bab ini memiliki sejarah yang berbeda-beda, tapi semuanya telah berpengaruh dalam membentuk pemikiran dan berpengaruh terhadap penelitian dalam komunikasi organisasi. Dua teori (teori Weick tentang pengorganisasian dan teori strukturisasi Gidden) dikembangkan di luar bidang komunikasi namun banyak dipedomani oleh para sarjana komunikasi organisasi. Dua teori lainnya (teori teks dan percakapan Taylor dan teori kontrol konsertif Barker dan Cheney) telah muncul dari dalam bidang komunikasi organisasi dalam 15 tahun.... (Download teks selengkapnya (PDF) | Jangan lupa masukkan Verification Code sebelum "download")

1 comment:

Hubungan Indonesia-Australia di Era Kevin Rudd

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang     Pada tanggal 3 Desember 2007, pemimpin Partai Buruh, Kevin Rudd, dilantik sebagai Perdana Menter...