Sunday, October 11, 2009

PENYAKIT KUNING PADA BAYI BARU LAHIR: METABOLISME PIGMEN EMPEDU PADA JANIN DAN BAYI BARU LAHIR

PENDAHULUAN

Penelitian-penelitian terhadap anak-anak baru lahir menunjukkan adanya karakter yang luar biasa dari masa transisi ini. Berdasarkan perbandingan dengan kondisi janin yang normal dan kondisi yang relatif stabil pada dua pekan kedua, transisi beberapa menit, jam dan hari pertama setelah kelahiran memiliki bahaya-bahaya yang ekstrim ditinjau dari segi biokimia yang mencakup antara lain anoxia, asidosis, hypoglikemia dan akumulasi zat beracun yang bisa terlihat dengan warnanya. Penyakit kuning pada bayi baru lahir dapat diklarifikasi dengan kajian biokimia intensif.

Disini akan ditekankan perkembangan-perkembangan terbaru dan akan dibatasi pada hyperbilirubinemia tak-terkonyugasi, yang sebagian besar karena belum mungkin untuk membahas penyakit kuning cholestatic dari segi biokimia.
POLA PENYAKIT KUNING PADA BAYI BARU LAHIR

Penyakit kuning terjadi pada setengah jumlah bayi baru lahir dan sangat menonjol. Dengan demikian, ini menarik perhatian para tenaga klinis di abad ke-19 dan berbagai penelitian dilakukan, dengan menggunakan alat dan konsep yang ada pada saat itu. Pada umumnya disepakati bahwa hemolisis yang meningkat diakibatkan oleh penyakit-kuning. Ini ditunjukkan oleh hematokrit tinggi pada saat kelahiran yang biasanya berkurang setelah itu dan dengan kejadian penyakit-kuning ekstrim pada penyakit hemolitik yang diketahui. Konsentrasi biliburin dalam plasma sebesar 60 mg/100mL, atau lebih, biasa terjadi pada penyakit hemolitik yang tidak dirawat pada anak baru lahir. Metode-metode moderen untuk memperkirakan degradasi sel darah merah pada anak baru lahir mengindikasikan bahwa jumlahnya tidak jauh lebih besar dibanding pada dewasa. Penelitian-penelitian yang berdasarkan sel-sel darah merah berlabel-kromium menunjukkan peningkatan pergantian sekitar 30 persen dan pengukuran terbaru tentang pembentukan karbon monoksida menunjukkan bahwa pada bayi baru lahir hemoglobin mengalami penguraian selama dua kali dari yang dialami . . . . (Download Teks Lengkap (PDF) | Jangan lupa masukkan Verification Code sebelum "Download")

No comments:

Post a Comment

Hubungan Indonesia-Australia di Era Kevin Rudd

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang     Pada tanggal 3 Desember 2007, pemimpin Partai Buruh, Kevin Rudd, dilantik sebagai Perdana Menter...