Saturday, October 10, 2009

Penyakit-Penyakit Sistem Kekebalan

SISTEM KEKEBALAN ALAMI (AUTOIMMUNE)

Teori-Teori Dasar

Tujuan umum dari sistem kekebalan adalah untuk mempertahankan integritas diri dengan cara membedakannya dengan yang tidak termasuk komponen diri sendiri. Banyak mekanisme yang berfungsi secara selaras untuk mempertahankan host. Mekanisme-mekanisme ini dibagi menjadi dua yaitu kekebalan alami dan kekebalan non-alami. Pada masing-masing sistem kekebalan ini terlibat komponen-komponen selular dan komponen-komponen yang dapat larut. Kekebalan alami merupakan pembawaan sejak lahir, tidak spesifik, dan merupakan pertahanan pertama bagi host. Kekebalan tidak-alami bersifat spesifik, tergantung pada eksposur terhadap antigen, dan menjaga memori untuk mengenali antigen tersebut.

Ilmu immunologi telah berkembang dengan sangat pesat. Era baru ini didukung oleh ditemukannya antibody-antibodi monoclonal, yang bisa mengidentifikasi penanda (marker) permukaan sel. Penemuan ini telah merevolusi penelitian tentang limfosit dan memungkinkan kita untuk mengenali sub-populasi dalam sel ini. Limfosit T dan B telah ditemukan, dimana sel T diklasifikasikan lagi menjadi sel T helper (T4) dan sel T suppressor (T8). Sel-sel T helper membantu dalam produksi antibody melalui sel-sel B, dan sel-sel T suppressor menghambat produksi antibody. Monosit-monosit atau makrofage-makrofage juga memegang peranan yang penting dalam pemrosesan dan kenampakan antigen untuk produksi antibody yang lebih efisien. Sel-sel efektor ini diregulasi oleh berbagai mekanisme kontrol. Mekanisme-mekanisme kontrol ini dapat membentuk sebuah keseimbangan immunoregulatory untuk mempertahankan toleransi-sendiri . . . . (Download Teks Lengkap (PDF) | Jangan lupa masukkan Verification Code sebelum "Download")

No comments:

Post a Comment

Hubungan Indonesia-Australia di Era Kevin Rudd

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang     Pada tanggal 3 Desember 2007, pemimpin Partai Buruh, Kevin Rudd, dilantik sebagai Perdana Menter...