Saturday, October 10, 2009

Memproyeksikan Pendapatan Pemerintah Daerah

Kita tidak bisa meramalkan perubahan-perubahan berbagai faktor ekonomi, politik, dan administratif yang mempengaruhi pendapatan pemerintah daerah. Kita juga tidak bisa mengharapkan metode-metode statistik, tehnik-tehnik statistik atau komputer untuk melakukan hal-hal yang tidak mungkin. Namun, metode-metode tertentu, tehnik-tehnik tertentu, serta pendekatan-pendekatan tertentu bisa membantu pemerintah daerah dalam memperkirakan pendapatan di masa mendatang. Dengan menganalisis trend terkini dan faktor-faktor yang mendasarinya, kita bisa membuat sebuah proyeksi tentang pendapatan di masa yang akan datang.

Proyeksi: Sebuah perkiraan tentang kemungkinan-kemungkinan di masa yang akan datang berdasarkan trend-trend sekarang. (Kamus Webster).

Yang menjadi kunci bagi proyeksi yang baik adalah analisis yang baik. Analisis yang baik memerlukan pemahaman tentang sistem pendapatan dan faktor-faktor atau peristiwa-peristiwa yang telah mempengaruhi pendapatan-pendapatan di masa lalu, memiliki informasi yang cukup dan tepat waktu, serta melakukan pertimbangan yang baik. Artikel ini memaparkan sebuah pengantar terhadap salah satu pendekatan, yaitu analisis time-series. Walaupun pendekatan ini menggunakan metode-metode statistik tertentu yang bisa membantu, namun manfaat pendekatan ini tergantung pada penekanannya terhadap analisis trend-trend terkini dengan cara membagi catatan-catatan koleksi terdahulu (time-series) menjadi bagian-bagian komponennya dan menggunakan analisis ini sebagai dasar untuk melakukan . . . . (Download Teks Lengkap (PDF) | Jangan lupa masukkan Verification Code sebelum "Download")

No comments:

Post a Comment

Hubungan Indonesia-Australia di Era Kevin Rudd

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang     Pada tanggal 3 Desember 2007, pemimpin Partai Buruh, Kevin Rudd, dilantik sebagai Perdana Menter...