Tuesday, October 27, 2009

Apakah Wanita dengan Pria sama seperti Alam dengan Kebudayaan?

Banyak kreativitas dari antropologi yang berasal dari tekanan antara dua permintaan, yaitu haruskah kita menjelaskan manusia secara keseluruhan dan haruskah kita menjelaskan kebudayaan secara khusus. Dengan kedua hal ini, berhadapan dengan subjek wanita akan menjadi lebih menantang dan lebih sulit. Status sekunder wanita dalam masyarakat adalah sebuah fakta universal namun juga budaya umum. Meski demikian, dalam fakta universal tersebut, konsepsi kultural spesifik dan simbolisasi wanita sangat berbeda dan bahkan saling kontradiksi. Lebih lanjut, perlakuan yang sebenarnya terhadap wanita dan kekuatan relatif serta kontribusi mereka sangat bervariasi dari satu budaya ke budaya lainnya, dan pada periode-periode berbeda dalam sejarah tradisi budaya tertentu. Kedua poin ini – fakta universal dan variasi budaya – membentuk masalah-masalah yang akan dijelaskan disini.

Ketertarikan saya dalam hal ini tentu saja lebih dari sekedar akademik: Saya ingin melihat perubahan sesungguhnya yang terjadi, munculnya sebuah orde sosial dan kultural dimana berbagai potensi manusia yang terbuka bagi wanita juga terbuka bagi pria. Kesemestaan pengabdian wanita, fakta yang ada dalam setiap tipe tataran sosial dan ekonomi dan dalam masyarakat yang sekompleks apapun, menunjukkan kepada saya bahwa kita telah menyerah terhadap sesuatu yang sangat besar, sangat sulit, sesuatu yang tidak bisa diatasi hanya dengan menata ulang beberapa tugas dan peran dalam sistem sosial. Atau bahkan dengan menyusun ulang seluruh  struktur keonomi secara keseluruhan. Dalam makalah ini saya mecoba untuk memaparkan logika mendasar dari pemikiran kultural yang mengasumsikan kerendahan wanita; saya juga mencoba untuk menunjukkan sumber sosial dan kultural yang logis untuk mengindikasikan dalam mana terdapat . . . . (Download Teks Lengkap (Pdf) | Jangan lupa masukkan Verification Code sebelum "Download")

No comments:

Post a Comment

Hubungan Indonesia-Australia di Era Kevin Rudd

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang     Pada tanggal 3 Desember 2007, pemimpin Partai Buruh, Kevin Rudd, dilantik sebagai Perdana Menter...